Museum Fatahillah

Wisata di Daerah Jakarta Barat Selain Mall

Glodok Chinatown

Wilayah Glodok merupakan Chinatown versi Jakarta Barat. Sebagaimana normalnya Chinatown, di tempat ini anda bisa melihat gedung2 dengan gaya arsitek khas China & suasana semacam di China. Chinatown kerap identik dengan rekreasi kuliner & wisata belanja, tak kecuali Glodok. Di tempat ini anda dapat menjumpai banyak banget barang murah & unik, serta beraneka jenis kuliner yang enak mulai dari yang didalam pertokoan sampai yang digerobak.

Kota Tua Batavia

Kota Tua Jakarta ataupun sering dijuluki Kota Tua Batavia merupakan sebuah warisan sejarah yang berada di Jakarta Barat. Dahulunya lokasi tersebut adalah kawasan perdagangan di Asia di abad 16. Nuansa di Kota Tua sangat menarik sebab tempat tersebut adalah daerah peninggalan Belanda yang terbilang asli. Sejumlah sepeda onthel yang bisa di sewa di tempat ini, bisa digunakan untuk mengitari Kota Tua, ataupun untuk berphoto. Lokasi ini merupakan lokasi populer para pemburu foto sebab suasananya yg unik. Kota Tua merupakan tempat pariwisata di Jakarta Barat yg paling terkenal, terutama di saat akhir minggu. Setiap penghujung pekan, wilayah ini dipenuhi wisatawan dan penjual kaki lima.

Museum Sejarah Jakarta Fatahillah

Museum Fatahillah dan juga dikenal juga menjadi Museum Sejarah Jakarta merupakan salahsatu museum yg paling besar di Jakarta. Dibangun di tahun 1707 menjadi sebuah balai kota, konstruksi ini memiliki ruangan kantor, ruang pengadilan, & penjara bawah tanah. Pada thn 1974, konstruksi dengan gaya arsitek abad 17 ini berganti fungsi jadi sebuah museum.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan merupakan satu satunya jembatan warisan Belanda yang tetap tersisa di Jakarta. Pernah rusak karena serangan di tahun 1629, jembatan tersebut akhirnya disempurnakan kembali dengan Belanda karena berfungsi yang begitu penting. Berada di kawasan Kota Tua, Jembatan Kota tersebut terbuat dari besi & kayu hingga cukup Bagus untuk jadi tempat foto-foto.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan museum yg terbaik di Jakarta berdasarkan saya. Apa yg membuat kami berkata seperti itu? Museum Bank Indonesia merupakan museum yang amat modern, terawat, & rapi, tidak semacam kebanyakan museum lainnya di Jakarta yang tidak terpelihara. Dgn penataannya yang rapi, pencahayaan yg menarik, kamar yang ber AC, & manajemen yang sempurna, museum tersebut memiliki mutu kelas dunia dan merupakan museum yang sangat nyaman didatangi wisatawan di Jakarta.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa & Keramik merupakan rumah bagi sejumlah karya seni level internasional karya seniman Indonesia semenjak tahun 1800an. Koleksi-koleksi seni yang dikelola Museum Seni Rupa & Keramik totalnya ada lebih dr 400 benda yg berupa patung, karya lukis, sketsa, batik lukis, sampai totem kayu yang dibagi menurut periode masa tertentu.

Museum Wayang

Museum Wayang terletak di Jalan Gerbang Besar Utara No27, Jakarta Barat. Sesuai tentang namanya, museum tersebut memiliki koleksi-koleksi berbagai koleksi wayang dgn jumlah kurang lebih 6,000 wayang. Koleksi wayang berada di tempat ini yaitu wayang klitik, wayang mainan, wayang golek, wayang kulit, & topeng. Koleksi yg dimiliki Museum Wayang tersebut berasal dari beragam daerah di Indonesia & masing-masing memiliki sejarah & cerita yang beragam.

Toko Merah

Toko Merah terletak di kawasan Kota Tua. Serasi namanya, Outlet Merah mempunyai bangunan yg berwarna merah. Dulunya gedung tersebut digunakan untuk tempat menetap salah-satu Gubernur Jendral VOC. Sebutan Toko Merah ada pada saat sesosok keturunan China mempergunakan bangunan tersebut pada thn 1851 tuk dijadikan suatu toko. Banyak kisah seram yang tersebar di warga tentang Outlet Merah, tapi apabila kamu masuk menuju ke dalam Outlet Merah yang tetap berdiri kuat, sebenarnya lokasi ini cukup terawat, tak seperti penuturan yang beredar. Rumah rumah ini benar-benar sangat unik!

Museum Tekstil

Museum Tekstil yang alamatnya berada di Jl. K. S. Tubun Petamburan Nomor 4, Jakarta Bagian barat dulunya merupakan sebuah bangunan milik kalangan Perancis & pada kesudahannya diserahkan balik lagi kepada Pemda Jakarta. Kekhasan bergaya museum tersebut adalah pintunya yg sangat terbesar, bangunan dgn arsitektur kolonial, & keramik lantai yg bermotif menarik. Museum tersebut memiliki ratusan kain yang asalnya dari setiap penjuru Indonesia, tapi hanya beberapa kecil saja yg dipamerkan pada masyarakat umumnya. Varian kain yang ada di tempat ini yakni kain tenun, kain batik, kain jumput,kain campuran, sampai baju yg terbuat dr kulit yang terbuat dari kayu.

Masjid An-Nawier

Masjid An-Nawier merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta Barat menggunakan kategori rekreasi religi & wisata sejarah. Tempat ibadah An-Nawier dahulunya adalah suatu sentral penyebaran agama Islam. Tempat ibadah An-Nawier mempunyai bentuk menarik hasil dari gabungan budaya asing. Salah-satu ciri khusus Masjid An-Nawier ialah tidak mempunyai kubah semacam masjid yg umum ditemukan di Indonesia. Tempat ibadah yang bisa menampung melebihi 2,000 warga ini banyak dikunjungi masyarakat hingga kala ini.

Gereja Portugis Sion

Gereja Sion dan juga lebih dikenal dgn nama Gereja Portugis merupakan sebuah gereja kuno dengan arsitektur yang megah dan kokoh. Gereja yang terletak di Jalan Pangeran Jayakarta ini memiliki kapasitas kira-kira 1,000 pengunjung. Fakta unik tentang Gereja Sion ialah bahwa konstruksi ini ialah bangunan cukup tua yang tetap dipakai serasi dengan harapan awal pembangunannya, tentu banyak konstruksi lain yang sedikit tua, tapi semuanya telah beralih fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.