Ikuti Cara Ini Supaya Klaim Asuransi Tidak Ditolak

Terdapat 4 hal sebagai peserta asuransi harus perhatikan. Siapa yang tak geram saat klaim asuransi kesehatan kalian ditolak. Saya sempat mengalaminya. “Sudah bayar premi yang tidak mahal, eh ketika akan klaim pihak asuransi tak bisa merubah sebab beragam alasan”, begitu keluhan para penyandang polis yang klaimnya tidak berhasil. Itu komplen yang wajar. Sebab saat ambil asuransi, tak ada seorang pun yang ingin klaimnya ditolak.

Bagaimana caranya supaya klaim kalian tak ditolak? Admin melakukan evaluasi terhadap klaim-klaim teman serta pembaca yang ditolak. Admin menemukan jika banyak klaim ditolak lantaran memang pengajuan serta dokumen tak sesuai dengan syarat yang ditetapkan didalam polis. Ketentuan didalam Polis merupakan landasan hukum yang harus dipenuhi oleh penyandang polis serta perusahaan asuransi. Masalahnya, banyak sekali peserta asuransi yang tak membaca polis dengan cermat. Dibawah ini ada poin-poin penting yang harus kalian cermati didalam polis agar klaim asuransi kesehatan tidak ditolak.

Masa Tunggu Klaim Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan mensyaratkan tersedianya masa tunggu alias grace period. Sepanjang masa tunggu, tertanggung tak diperkenankan mengajukan usaha klaim. Umumnya masa tunggu 30 hari dan 60 hari semenjak polis disetujui. Contohnya, polis disetujui 1 Juli. Pada masa tunggu selama 30 hari, klaim kalian baru boleh diterima usai 30 hari setelah tanggal 1 juni, ialah 1 juli.

Jadi, bila kalian ataupun anggota keluarga terdapat yang rawat inap saat grace period, contohnya 5 Agustus 2016, maka klaim takkan diterima oleh asuransi. Perkirakan kalian mengerti berapa lama grace period asuransi kesehatan. Mengingat itu juga, makin cepat kalian mengajukan asuransi kesehatan makin baik. Sebab ketika polis disetujui, kalian tidak langsung boleh mengklaim menjelang masa tunggu dilalui.

Bukan Penyakit yang Tidak Diganti di Tahun Pertama

Tidak setiap penyakit punya grace preiod paling lama sebulan. Ada penyakit-penyakit yang masa tunggu sedikit lama, yakni 12 bulan. Admin ambil sample asuransi Prudential yang menulis 19 penyakit yang baru dapat diklaim tertanggung usai 12 bulan semenjak polis disetujui. Bila klaim penyakit-penyakit ini menjelang 1 tahun semenjak polis disetujui, klaim kalian bakal ditolak.

Bukan Pre-Existing Condition

Pre-existing condition merupakan peraturan asuransi kesehatan yang mengatakan peserta mengalami penyakit ataupun kondisi yang sudah ada sebelumnya. Pihak asuransi takkan membayar apa-apa didalam hal tertanggung mempunyai pre-existing condition. Maka, setiap penyakit yang telah diderita tertanggung menjelang polis asuransi kesehatan diterima takkan ditanggung asuransi.

Memenuhi Syarat Rawat Inap

Pengajuan musti memenuhi syarat dari rawat inap. Syaratnya:

Pertama, definisi rumah sakit serta klinik sesuai yang diakui pihak asuransi. Perkirakan kalian membaca juga memenuhinya saat rawat inap. Sebab bila rumah sakit ataupun klinik tempat kalian menginap tak sesuai ketentuan, klaim bakal ditolak.

Kedua, peraturan apa yang dimaksudkan rawat inap. Di semua asuransi berbeda-beda tentang berapa hari tertanggung musti memasuki rawat inap yang dapat diajukan klaimnya. Terdapat asuransi yang mensyaratkan min Dua hari rawat inap barulah bisa klaim. Tapi, ada asuransi lainnya yang mensyaratkan Satu hari rawat inap bisa diklaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.