Destinasi Pantai Pananjung

Sebuah wilayah yang mempunyai sumber daya alam yng, agak besar, jadi daya tarik khas. Yg utama yaitu program penangkaran kekayaan alam di wilayah Pangandaran dan yg sangat dikenal dgn Cagar Alam Pananjung. Pangandaran Pananjung Marine Nature Reserve mempunyai luas 475,00 ha serta area ataupun wilayah tertentu (41,55 ha) selesai disarankan menjadi taman wisata. Tak banyak yg berpikir jika aslinya dulu Pananjung merupakan satu buah pulau sempit dan kelak terhubung dgn daratan Pulau Jawa karena waktu sedimentasi pasir.

Wilayah Pengembangbiakan Kekayaan Natural Pangandaran sebelumnya berupa lokasi sawah penduduk. Th 1920, semasa Y. Eycken sebagai Residen Priangan, dianjurkan menjadi Taman Buru. Di masa-masa demikian dilepaskan seekor Kijang, 4 ekor Sapi Betina juga beberapa ekor rusa. Lantaran punya beraneka ragam satwa yang langka & khas dan juga wajib dijaga habitat ‘n kepunahan hidupnya hingga pada th 1936, status area ini diubah jadi Suaka Margasatwa dengan luas 527 ha.

pantai Pananjung

Tahun 1958, sehabis didapatkan bunga Raflesia Fatma yng, jarang, kastanya diganti lg sebagai Cagar Alam. Dengan tambah bertambahnya kebutuhan warga akan tempat liburan, jadi pd tahun 1978, beberapa kawasan itu sendiri (37,60 TO 70 ha) dibuat Taman Wisata. Pada th 1987 dikukuhkan area pantai disekitarnya menjadi Cagar Alam Laut (475 h), sehingga luas keseluruhan jadi 1.010 h.

Di perkembangan selanjutnya, dari SK Menteri Kehutanan No. 106/Kpts-II/1993 Perawatan rekreasi TWA Pangandaran diserahkan dr Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Restorasi Alam kepada Perum Perhutani. Akitivitas hiburan yang boleh diterapkan ke wilayah budidaya Pangandaran serta disekitarnya adalah: lintas alam, mengayuh sepeda, snorkeling, dayung, scuba dive, renang serta memahami warisan sejarah.

Disamping flora juga binatang, di Pananjung juga terdapat berbagai gua yg fenomenal dijelajahi, selayak: Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal dan juga cave peninggalan Jepang masa World War 2. Tentara Pendudukan Jepang dahulu pasti pernah menyiapkan daerah tersebut sebagai benteng pertahanan berjaga-jaga jika Sekutu menyerbu, dari arah laut selatan. Situasi tersebut Kenyataannya tidak timbul dikarenakan Sekutu timbul dari utara. Hasilnya gua-gua ‘n benteng pertahanan ini cukup terjaga secara rapi hingga sekarang.

Disamping gua, memang, area tersebut juga punya sisa reruntuhan warisan kerajaan Pananjung, Galuh, yakni dikenal dengan Batu Kalde. Kaga banyak yang tahu cerita di balik peninggalan perjalanan tersebut tetapi telah cukup menyebabkan area ini benar-benar memiliki beberapa daya tarik. Kalo Wisatawan memiliki kesempatan Turis jg dapat menyempatkan diri menyambangi Mata Air Rengganis. Konon berita berdasarkan mulut ke mulut memberitakan mata air itu memberikan khasiat awet muda tuk turis yg mandi di dalam situ.

Menjumpai bermacam-macam kejutan Cagar Alam Pananjung adalah harapan melihat langsung hutan bagus pada pesisir selatan dgn bermacam-macam daya pesonanya. Mudah-mudahan penduduk juga pewisata tetap memahami amat bernilainya peran hutan lindung juga hidup berdekatan saling menguntungkan dengannya. Dgn begitu hutan pun tentu hijau alami, satwa bisa berburu makanan, pelancong menikmati kecantikan alam ‘n tingkahnya, serta mestinya masyarakat ditempat itu memperoleh penghasilan dr berkunjungnya traveler.

Letak Pantai Pananjung

Apabila Wisatawan hendak menjumpai salah satu resort di 2 area pd satu masa. Tiada salah kalau liburan Pelancong datang di pantai selatan Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, berbatasan dgn provinsi dan kabupaten Majalengka Kuningan, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) lalu Banjar di utara, timur, and langsung dengan Samudera Hindia di selatan, & kota Tasikmalaya.

Zona Tur Pananjung boleh didatangi melalui dua pintu masuk, adalah pintu di Pantai Barat ‘n di pintu Pantai Timur. Pilihan yng, nomor 2 begitu terdekat Kendati Pantai Timur yakni lokasi pelabuhan pelaut. Pantai Timur mempunyai ombaknya yng, nyaman plus lautnya yng, dalam akan tetapi tak banyak orng berenang hanya sekadar utk memancing serta atraksi banana boat. Wilayah itu berbeda dengan Pantai Barat yng, berupa suatu wilayah jalan-jalan dgn lebih banyak restoran, hotel, gerai-gerai cenderamata, serta bermacam-macam keinginan turis berupa penyewaan papan selancar kecil, sepeda, atv, tatoo, juga yang lain.

Pariwisata

Pantai Pananjung mempunyai area yng, lumayan lebar dgn Koordinat 4°39,50′S 108°35,109′E, landai, punya pasir halus and indah, ataupun gelombang ombak yng, tipis enggak mengancam.
Karena itu lokasi Pantai Pananjung tersebut mengiming-imingi pariwisata laut yng, menyenangkan, berupa : Diving, Berselancar, Penyewaan Kapal, Snorkeling, Menikmati Pesona Taman Laut , Hiasan Karang di Pasir Putih, Berjemur, hingga utk pelancong yang menyukai tatto dijamin pelancong dapat menikmati suasana sembari di tatto tidak permanen.
Pantai Pananjung masuk dari Cagar Alam ‘n Taman Margasatwa Pananjung Pangandaran. Pada Cagar Alam & Taman Margasatwa Pananjung, anda dapat menikmati bermacam kategori pohon/flora hingga hewan dilindungi, misalnya : Badak, Jerapah dan Kera.

Tdk baik kayaknya kalau menyambangi destinasi berlibur Pantai Pangandaran kalau ngak menginjakkan kaki di Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran. Objek traveling tersebut adalah satu-satunya lokasi rekreasi bukit yang ada di Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Keadaan keadaan tanah sedikit besar landai ‘n di sebagian tempat ada gundugan bukit kapur dengan terjal.

TWA Pangandaran menyimpan kekayaan sumber daya hayati semacam tumbuhan ataupun satwa serta kemolekan alam. Hutan sekunder yang sudah hidup 30-60 th dgn bentuk utama antara lain laban, kisegel, merong , ‘n sebagainya. Juga terdapat beragam model tumbuhan peninggalan hutan primer seperti pohpohan kondang, dan benda . Hutan pantai sekedar berada pada bagian timur serta barat daerah, ditumbuhi pohon formasi Barringtonia, semacam butun, ketapang.

Dgn bermacam flora, kawasan TWA Pangandaran adalah habitat yang cocok buat kehidupan fauna liar, yaitu tando, beruk , lutung , burung , bison, rusa, dan trenggiling. Serta tipe burung seperti burung cangehgar, tlungtumpuk, cipeuw, and jogjog. Jenis reptilia yakni biawak , tokek, and sejumlah jenis ular, yaitu ular pucuk.

Di bawah ini merupakan berbagai obyek pariwisata pada daerah pantai pananjung :

Gua Panggung

Menurut berita yang bertapa digua ini yakni Embah Jaga Lautan serta dikenal pula Kiai Pancing Benar. Dia ialah anak angkat dari Dewi Loro Kidul selanjutnya ibunya memberi tugas supaya mengurus pantai di provinsi Jabar dan menjaga lautan Indonesia pada umumnya. Oleh sebab itu,, beliau dinamakan Embah Jaga Lautan.

Gua Lanang

Gua tersebut lampaunya salahsatu keraton kesatu Kerajaan Galuh. Sedangkan keraton yang kedua dibangun di Karang Kamulyan Ciamis. Raja Galuh merupakan laki-laki ( lanang ) yng, selagi berpetualang.

Batu Kalde alias Sapi Gumarang

Di dalam destinasi tersebut, berlandaskan informasi, tinggal orang suci yang sanggup bertansformasi menjadi satu ekor sapi yang gagah berani serta sakti. Sapi Gumarang merupakan nakhoda kapal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.