Pantai Ngobaran

Berwisata ke Jogja, Pantai Ngobaran

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang obyek wisata Pantai Ngobaran unik dan membuat kita jadi senang. Pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul, jogja itu menyimpan sejuta daya tarik yang bakal membuat para wisatawan terpukau. Biasanya, kalian akan disajikan panorama pasir putih, gulungan air laut, bebatuan karang, dan sederetan pohon-pohon hijau ketika berkunjung ke pantai.

Akan tetapi, di Pantai Ngobaran kalian akan mendapat sesuatu yang menarik, yakni pesona budaya yang akan makin menambah kebanggaan liburan kalian kali ini. Kombinasi pemandangan alam yang menarik dan daya tarik budaya inilah yang jadi pesona tersendiri tuk pantai ini yang belum banyak dijumpai di pantai lain. Tidak hanya sebagai obyek wisata, Pantai Ngobaran pun dikenal menjadi tempat ritual untuk para pemeluk agama dan kepercayaan. Di area pantai ada tempat peribadahan semacam pura dan masjid yang ada berdampingan mengarah pantai selatan.

Disamping itu, di wilayah ini pun ada sejumlah stupa dan arca yang kerap dipakai sebagai lokasi upacara keagamaan, serta ada pula obyek peribadahan bagi semua penganut kepercayaan semacam kejawen. Bila kalian melihat di atas bukit karang yang terdapat di sekeliling pantai, kalian akan mendapatkan satu rumah joglo yang di hadapannya ada kotak batu ditumbuhi tumbuhan kering dan dihiasi oleh pagar kayu yang warnanya abu-abu gelap.

Katanya, kotak batu itu merupakan kawasan Prabu Brawijaya V memanggang diri saat zaman dahulu. Dari fenomena itulah wilayah pantai ini dijuluki “Ngobaran” yang bersumber dari kata kobar, mempunyai arti membakar diri ataupun terbakar. Saat masuk kedalam area pantai kalian akan merasa nuansa mistis secara gemuruh ombak yang ada di pecahan bebatuan karang. Panorama pertama yang bakal kalian temui di pantai itu ialah satu prasasti yang didirikan antara supa dan arca. Pendapat dari cerita setempat, prasasti itu dibuat tuk mengenang jasad Prabu Brawijaya V menghilang di wilayah sekitar pantai.

Saat menjejakkan kaki ke selatan, kalian akan melihat suatu pura yang ada di penghujung bukit bebatuan karang. Dari sebelah pura ini, kalian dapat melihat panorama laut lepas yang amat menawan. Tidak jauh dari kawasan pura ada satu rumah joglo dan konstruksi mushola dan pasir sebagai lantainya. Keunikan mushola itu adalah arah kiblat mengarah ke selatan. Tapi bagi kalian yang mau melaksanakan sholat di mushola itu tak perlu khawatir, sebab sudah ada tanda arah kiblat sebenarnya ke barat.

Jika kalian mau menuju ke pantai, kalian dapat jalan ke barat sejalan dengan jalanan menurun. Saat sampai ke lokasi kalian akan disajikan daya tarik alam bahari Pantai Ngobaran yang amat mempesona, dengan bentangan pasir putih lembut dan bebatuan karang yang dibungkus rumput laut. Pantai itu juga dipergunakan sebagai lokasi para penangkap ikan tuk mencari ikan serta berbagai jenis hewan laut lainnya, semacam lobster, dan rumput laut. Tiket untuk masuk kesana pun lumayan murah yaitu seharga Rp 8.000 per orang dan harga itu sewaktu-waktu bisa berubah kapan pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.